BERTAKWA-KAFIR-MUNAFIK-FASIK-ZOLIM


Anak saya yang baru kelas 4 SD begitu bersemangat khatam Al-Qur’an. Ketika berlibur ke pantai Pangandaran, saya baru tahu di penginapan bahwa anak saya membawa Al-Qur’an di tasnya. Dan dia memang membacanya sembarang waktu. Sebagai dukungan dan empati terhadapnya, saya membaca terjemah Al-Qur’an, asbabunnuzul ayat-ayatnya, tafsirnya minimal dari At-Tabari dan Ibnu Kasir, berusaha mencatatnya, dan tentu merenungkannya karena saya hanya membaca satu halaman satu hari.
Ayat-ayat awal surat Al-Baqarah banyak menyebut dan berkisah tentang manusia Bertakwa, Kafir, Munafik, Fasik, Zalim. Bertakwa adalah beriman kepada yang gaib, mengerjakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki. Kafir adalah orang yang tidak percaya kepada Allah, rasul-rasulNya, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan hari Kiamat. Munafik yaitu orang yang di dalam hatinya ada penyakit ragu, tidak yakin akan kebenaran, dan tidak beriman. Fasik adalah orang yang melanggar ketentuan-ketentuan agama, baik berupa ucapan maupun perbuatan. Zalim adalah orang yang melakukan perbuatan aniaya, yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.
Yang mengerikan ketika menutup Al-Qur’an, pertanyaan itu bergaung di pikiran dan hati saya: masuk ke golongan mana dirimu? Masuk ke golongan mana perbuatanmu? Masuk ke golongan mana ucapanmu?....



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERTAKWA-KAFIR-MUNAFIK-FASIK-ZOLIM"

Posting Komentar