CARA MENGIRIM CERPN KE INILAHKORAN



Inilah Koran adalah koran yang terbit di Bandung, Jawa Barat. Setiap hari Minggu (dulu Sabtu) ada rubrik cerpen. Saya melihat penulis cerpen di Inilah Koran ini beragam asal daerahnya. Ada yang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan pelosok daerah lainnya. Artinya, Inilah Koran tidaklah kedaerahan. Temanya juga termasuk beragam.
Cerpen saya sendiri sebenarnya baru dua kali dimuat Inilah Koran. Email yang saya kirimi naskah adalah: inilahkoran@inilah.com. Tapi ada juga alamat email lain: redaksijabar@inilah.com. Cerpen “Saya Ada?” saya kirim tanggal 16-11-2014 dan dimuat tanggal 30-11-2015. Cerpen “Senyum Mang Samun” saya kirim tanggal 3-7-2015 dimuat tanggal 5-7-2015. Saya tidak tahu (tidak punya informasi) berapa lama tenggang waktu pemuatan di Inilah Koran. Tapi sebaiknya ketika mengirim cerpen diberi pengantar: “berapa lama penulis menunggu konfirmasi atau pemuatan”. Untuk cerpen saya itu, tidak ada konfirmasi sebelum dimuat.
Untuk cerpenis baru, sebelum mengirim, pelajari dulu cerpen-cerpen yang pernah dimuat Inilah Koran. Banyak teman penulis atau grup yang berbaik hati memberitahu itu semua. Di grup facebook Sastra Minggu, selain ada informasi cerpen siapa yang dimuat koran, biasanya ada juga cerpennya. Nah, pelajari di sana. Cerpen SENYUM MANG SAMUN yang pernah dimuat Inilah Koran bisa dibaca DI SINI. Atau cerpen SAYA ADA? bisa dibaca DI SINI.
Mengenai honornya, Inilah Koran termasuk yang ramah pembayaran (hehe... berarti ada yang tidak ramah, ya? Nanti dibahas deh.). Saya dibayar Rp 150.000,-. Tapi katanya, bila penulisnya mahasiswa (makanya jangan ngaku mahasiswa hehe...) hanya dibayar Rp 100.000,-. Honor biasanya bisa diambil bulan berikutnya. Misalnya bila dimuat bulan Juni (tanggal berapapun) honornya keluar bulan Juli. Saya sering ke Bandung jadi bisa mengambil langsung ke redaksi Inilah Koran di Jalan Terusan Pasteur 167 Bandung. Tapi bila dari luar daerah, coba deh hubungi telepon 022-612 7865 untuk minta ditransfer.
Selamat mencoba.

PEMBERITAHUAN: Sudah beberapa minggu Inilah Koran tidak memuat lagi cerpen (edit 9-1-2017)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGIRIM CERPN KE INILAHKORAN"

Posting Komentar